3,5 Tahun Menjabat, Erwin Bangun 3.964 RTLH Untuk Warga Seluma Kurang Mampu

GARUDA DAILY– Sepanjang 2021-2023, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Kabupaten Seluma mencatat total jumlah rumah tak layak huni (RTLH) yang sudah ditangani pemerintah Kabupaten Seluma mencapai 3.964 unit. Program pembangunan RTLH sudah tepat sasaran.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Seluma Erlan Suadi mengatakan, selain proses usulan, pendataan, juga dilakukan verifikasi dan validasi dalam pelaksanaanya. Pembangunan RTLH menggunakan dana dari berbagai sumber dengan tujuan besarnya mengentaskan kemiskinan.

“Total sudah mencapai 3.964 unit yang sudah dibangun, sedangkan yang belum dientaskan masih mencapai 5.500 unit,” ujar Erlan Suadi, Senin 1 Juli 2024.

Lanjutnya, target RTLH di 2024 masih disandingkan dengan berbagai program dan kolaborasi untuk memaksimalkan pengentasan kemiskinan. Ia menegaskan tidak akan berhenti menggerakkan program sosial dan pengentasan kemiskinan.

Menurut Erlan, kehadiran pemerintah sangat penting untuk membantu masyarakat. Tersedianya rumah yang layak, sehat, dan nyaman bagi masyarakat, dia sebut menjadi prioritas pembangunan di Seluma.

Selama kepemimpinan Erwin warga Seluma berpenghasilan rendah punya kesempatan memugar rumahnya yang tak layak huni. Mengacu UU No 1 Tahun 2011, rumah adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya.

“Untuk saat ini kita sudah menyampaikan proposal kembali dengan jumlah total 2.900. Semoga proposal ini nanti bisa terealisasikan,” tutupnya.

Penulis: Jeki Efriadi

Comments (0)
Add Comment